Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Artikel diblog, kualitas atau kuantitas?


 
update-Artikel-diblog-kualitas-atau-kuantitas?

UPDATE ARTIKEL DIBLOG, KUALITAS ATAU KUANTITAS?? - Artikel memang menjadi konten wajib apalagi untuk sebuah blog, bagi blog baru sperti blog ini memang membutuhkan suntikan nafas baru agar tetap fresh dan tetap menarik tak hanya dimata mesin pencari tapi juga pembaca.

Ditambah secangkir kopi mungkin sangat cocok sebagai mood booster, sebagai stimulan alami kopi juga mengandung antioksidan untuk tubuh dan otak, sehingga otak kembali fresh.

skip skip…

Artikel kan inti dari sebuah blog, yang jadi pertanyaan apakah update artikel setiap hari atau seminggu sekali?

  • Lebih penting kualitas artikel atau update sesering mungkin?
  • 1 artikel setiap hari isinya singkat atau 1 artikel seminggu tapi isinya panjang dan detil?
  • 1 - 2 artikel sehari atau sebanyak mungkin ?

Pertanyaan- pertanyaan diatas menjadi pertanyaan template yang sering ditanyakan oleh para penulis apalagi blogger baru seperti saya.

Setelah membaca dan mempelajari, searching hingga browsing sana sini.

Akhirnya menemukan jawaban walaupun belum menjawab 100% tapi paling tidak mampu menjawab pertanyaan diatas dan memberi pemahaman, mudah- mudahan juga memberi pemahaman bagi pembaca...

# Update artikel setiap hari atau seminggu sekali?

Tidak ada aturan baku dalam masalah update artikel, bisa dilakukan kapan saja.

Namun jika bicara setiap hari atau seminggu sekali lebih bagus setiap hari dengan catatan rutin dan artikel panjang serta detial sehingga banyak menpung keyword dialamnya yang sangat berpengaruh terhadap SEO.

Tapi apabila mengupdate artikel setiap hari dirasa sangat melelahkan bisa update seminggu sekali atau seminggu 2 kali kok, yamg penting artikelnya unik original fan tentu memiliki kualitas.

Apabila mungkin seminggu sekali menulis artike satul pilar diselingi dengan artikel pendukung bisa ditulis setiap hari, pasti akan sangat bagus dan powerfull.

Untuk masalah setiap hari atau seminggu sekali itu relatif tergantung personalnya tapi yang perlu ditekankan adalah bukan frekuensinya tapi kualitinya, semakin berkualitas semakin bagus.

# Lebih penting kualitas atau update sesering mungkin

Kualitas sebuah artikel memang memegang peranan yang dominan baik dari segi pembaca maupun segi SEO yang akhirnya mempengaruhi kualitas dan peringkat blog.

Namun banyak juga beranggapan bahwa yang penting update artikel sesering mungkin, update artikel setiap hari. Sebenarnya tidak masalah bahkan bagus tapi kendalanya jika blog dikelola sendiri akan sangat kerepotan untuk mengupdate setiap hari, apalagi draft artikel tidak banyak stok.

Tapi jika mampu menulis sehari 3-4 artikel maka untuk mengupdate artikel setiap hari malah bagus, akan menjadikan blog semakin dikenal dan mendapat SERP dari mesin pencari dengan syarat artikel memenuhi kriteria yang bagus baik dari segi SEO dan juga dari segi kenyamanan pembaca.

# Satu artikel pendek setiap hari atau satu artikel panjang seminggu sekali?

Artikel panjang dan lengkap memiliki nilai tambah baik dimata mesin pencari dan juga dari segi pembaca. Jelas artikel panjang dan lengkap akan memberikan banyak informasi didalamnya dan akan memuat banyak keyword dalam artikel keyword density bisa lebih padat sehingga sulit disaingi oleh kompetitor. Dalam hal ini artikel panjang dan lengkap jelas lebih unggul.

Tapi jika setiap hari menulis artikel pendek juga tidak masalah selain bisa terus mengupdate blog dengan konten terbaru juga akan membuat blog terlihat update dan fresh.

Tapi masalahnya artikel pendek memang akan kalah saing dengan artikel panjang dan mengulas suatu tema secara mendalam.

Akan lebih baik menguatamakan kualitas dari pada kuantitas atau ftekuensi. Lebih baik 1 artikel panjang dan detil seminggu sekali daripada tiap hari update dengan artikel pendek, boleh saja update artikel pendek tapi jadikan artikel tersebut sebagai konten pendukung konten utama yang panjang dan detail.


JADWAL MENULIS ARTIKEL

Untuk menulis artikel setiap hari apalagi dengan tema mendalam cukup sulit, tapi bisa disiasati dengan membuat jadwal penulisan.

Tidak harus punya artikel setiap hari tapi punya draft stok artikel yang bisa dimanfaatkan untuk posting artikel.

Jadwal menulis perlu bagi seorang blogger agar blog teratur dan selalu update tepat eaktu apalagi blog yang sudah banyak pembaca, mereka akan menantikan update artikel. Akan sangat bagus jika memiliki jadwal update yang teratur.

Jika seminggu harus menerbitkan 2 postingan maka dengan jadwal menulis yang teratur akan sangat membantu dalam menulis mulai riset keyword, mencari ide , mencari referensi bahkan membuat image atau infografis untuk memudahkan pembaca memahami hal yang disampaikan.


PERBANYAK MEMBACA DAN REFERENSI

Agar bisa update sesering mungkin itu butuh ide untuk menulis, nah untuk menemukan sangat bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca.

Membaca akan menambah referensi tentang apa yang akan kita tulis nantinya,semakin banyak bacaan yang kita pelajari ditambah latihan menulis maka akan menghasilkan tulis yang bagus, ya sesuai kemampuannya menulis tentunya.

Membaca ibarat menambah kata kata dalam tulisan, sehingga tulisan tidak hanya berbobot tapi juga akan panjang.

Tulisan enak dibaca tapi tulisan panjang dan detail juga bagus untuk kualitas artikel itu sendiri...


JADI KUALITAS ATAU KUANTITAS ???

update-Artikel-diblog-kualitas-atau-kuantitas?

Jika mempunyai waktu panjang memang kuantitas menjadi sangat bagus, tapi jika harus memilih diantara keduanya maka kualitas layak diutamakan. 

Memang idealnya memiliki kualitas jiga kuantitas, tapi skenario akan berbeda jika harus memilih.

Akan lebih baik artikel panjang membahas hal yang rinci tapi diupdate seminggu sekali daripada mengupdate artikel setiap hari tapi isi seadanya dan cenderung artikel pendek...