Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Biar Jago Menulis, Dijamin gak bikin mumet dan ribet...

tips-jago-menulis

Tips jago menulis - Menulis adalah kegiatan seru untuk mengungkapkan ide menyampaikan pikiran dan ekspresi rasa. 

Sebuah kata memiliki kekutan untuk menyampaikan makna, bahkan mampu menguatarakan apa yang dirasa. 

Dengan bantuan kata yang disusun dan dirangkai sangat bisa menjadikan dia tidak hanya indah ditulis dan didengar tapi kata bisa menyampaikan pesan kepada pembaca. 

Rangkaian kata yang disusun dengan indah akan membentuk sebuah kalimat lalu jika diperpanjang lagi akan membentuk paragraf, lalu terbentuklah artikel penuh makna dan penuh cerita. 

Menulis adalah kegiatan yang diajarkan disekolah mulai sekolah dasar, sekolah menengah sampai SMA. Namun itu hanya menulis biasa tanpa mengikut sertakan pikiran. 

Faktanya menulis itu sangat sukar dilakukan bahkan mahasiswa akhir pun sangat sukar menulis karya ilmiah akhir bernama skripsi, sehingga gak lulus-lulus. 

Menulis itu sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan walaupun oleh orang awam sekalipun. 

Karena pada dasarnya menulis itu seperti berbicara, tapi menulis yang mengandung pesan dan informasi haruslah dilatih dan dibiasakan. 

Sekalipun menulis masih berantakan dan sering gak nyambung, seiring latihan terus menerus maka lama kelamaan tulisan akan menjadi lebih baik dan lebih bermakna. 

Begitulah menulis, diperlukan tak hanya tekad kuat sebagai motivasi menulis saja tapi ketekunan berlatih juga sangat menentukan kemampuan menulis seseorang. 

Apalagi di era digital memiliki kemampuan menulis bisa dikatakan sebagai sebuah keahlian istimewa, dengan begitu banyak platform yang bisa menampung hasil tulisan, bisa berbentuk artikel diposting di blog ataupun karya tulis cerita/ novel diposting di wattpad dan berbagai konten digital yang bisa dishare di sosial media.

Setiap orang pasti ingin bisa menulis, namun banyak yang tidak tahu harus mulai darimana dan harus menulis apa. 

buat yang bingung ikuti tips menulis berikut biar jago nulis gan, cekidot....

TIPS BIAR JAGO MENULIS:

1. Perbanyak Referensi

Langkah pertama untuk menghasilkan tulisan bagus adalah dengan memperbanyak referensi.
Ya referensi adalah rujukan, patokan sebagai acuan dasar dalam menulis bisa berupa fakta informasi hingga data. 

Referensi ibarat bahan bakar bagi sebuah kendaraan, penggerak sebuah motor menuju tujuan. 

Salah satu cara memperbanyak referensi yaitu dengan membaca, membaca adalah pintu gerbang menuju dunia informasi. 

Banyak yang bilang buku adalah jendela dunia, benar tapi membaca adalah kuncinya, tanpa membaca takkan pernah memasuki kota pengetahuan alhasil takkan membawa manfaat perubahan informasi apa-apa yang menjadi pengetahuan.

So langkah pertama buat menghasilkan karya tulisa berkualitas dan bermakna dengan memperbanyak bahan bacaan, mulai dulu dari apa yang kita suka dan kita minati. 

Semakin banyak data dan informasi yang kita baca otomatis otak akan menyimpannya sebagai pengetahuan dan sangat bermanfaat nantinya ketika menulis, seolah otak tak kehabisan kata sehingga pemilihan kata pun menjadi sangat bervariatif. 

Dengan begitu pesan didalam kata perkata pun akan semakin kuat mengena ke benak pembaca.

2. Tulis bidang yang kamu kuasai

Jika terlalu sulit menulis hal berat maka langkah pertama menulislah hal yang kamu kuasai, karena selain lebih enjoy juga akan meminimalisir beban tekanan penulisan. 

Menulis bidang kita kuasai berarti mengasah kemampuan dari endapan informasi didalam otak tingga mengolah kembali dalam alunan kata indah untuk dibagikan kepada pembaca. 

Beda halnya menulis bidang yang baru dipilajari atau belum dikuasai, selain menimbulkan tekanan bagi si penulis pastinya data dan informasi didalamnya akan memjadi rancu dan hanya sedikit informasi yang tersampaikan ke pembaca. 

So tulislah bidang yang kamu kuasai...

3. Jangan takut salah

Ini adalah penyebab orang tidak menulis-menulis, ia selalu menggagalkan calon penulis dan pemula dari menulis bahkan ketakutan bisa menggagalkan seseorang yang baru mulai menulis. 

Apa sih yang ditakutkan penulis??
Biasanya penulis baru atau pemula takut tulisan karyanya dinilai jelek dikritisi, dan diremehkan. 

Namun tidak perlu takut, tulis saja untuk diri sendiri saja dulu, bangun alasan motif tulisan untuk diri sendiri, sembari menghiraukan kritik atau diremehkan oranglain karena tulisan kita masih jelek. Toh kita menulis buat diri sendiri.

Teruslah menulis tanpa perlu melihat kritikan, apalagi dalam tahap belajar, memang salah dan silap masih menjadi makanan baginya. Dalam tahap belajar yang memang sewajarnya memiliki banyak kesalahan dan tulisan pun masih kurang bagus.

Ibarat anak bayi lagi belajar merangkak, pasti terjatuh dan tersungkur. Itu normal dan wajar. 

So tetap optimis dalam belajar dan jangan takut salah. Terus menulis.... 

4. Latihan rutin dan kontinyu

Menulis ibarat atlet lagi latihan skill, menulislah setiap hari sebagai latihan agar tulisan menjadi luwes dan menarik untuk dibaca. 

Dengan sering berlatih juga akan menghilangkan pesimisme dalam diri, dan membentuk kepercayaan diri bahwa kita bisa menulis dan menghasilkan tulisan bagus. 

Latihan juga sangat menentukan kemampuan menulis seseorang, sampai dimana kemampuan menulisnya apakah ada kemajuan atau memiliki kemunduran, lalu dimana letak kekurangan hambatan dan problemnya. 

Intinya tetap menulis secara rutin, latihan terus secara kontinyu tanpa henti. Jika tidak ada ide tulislah hal sepele misalnya pergi kepasar membeli ikan,tulis berbentuk cerita, storytelling istilahnya sebagai bentuk latihan penyampaian agar lebih lancar. Tulis saja sebagai latihan tanpa melihat untuk apa menulisnya. 

5. Buat kerangka struktur tulisan

Tips selanjutnya adalah membuat kerangka tulisan, kerangka atau struktur ibarat peta dalam sebuah perjalanan. Dengan adanya kerangka tulisan maka artikel yang kita tulis akan rapi teratur juga memuat pokok-pokok pembahasan yang ingin disampaikan. 

Struktur artikel juga menjadi rambu-rambu dalam menulis mulai dari pembuka mau menjelaskan tentang apa isinya mau tentang apa dan mau ditutup dengan ungkapan yamg bagaimana, semua akan jelas jika dibuat kerangka struktur artikel. 

Oh iya struktur artikel secara singkat ada 3:
  1. Pembuka
  2. Isi
  3. Penutup
Usahakan tulis kalimat pembuka yang menarik dan informatif dengan banyak kandungan informasi didalamnya agar mendorong pembaca melanjutkan bacaannya ke isi dan penutup.. 

6. Fokus menulis

Fokus disaat menulis juga sangat penting dikala proses penulisan, karena jika ketika menulis juga dilakukan pengeditan atau koreksi kata maka akan menghilangkan ide yang muncul. 

Ide yang muncul di otak seketika sirna ketika mencampur proses menulis dengan mengedit. 

Usahakan fokus ketika proses penulis untuk menulis saja, walaupun banyak kesalahan ketika menulis, mulai dari pemilihan diksi atau pilihan kata yang kurang menarik, pokoknya tulis saja. Biarkan ia mengalir go with the flow lah kalo kata anak zaman now, hehehe

Dengan fokus menulis menjadikan otak mengalirkan ide untuk menulis tanpa di interupsi oleh koreksi kesalahan tulisan. 

Bahkan mengedit tulisan disaat menulis bisa menjadikan macet ide juga menghilangkan mood menulis akhirnya tulisan tidak jadi-jadi...
KESIMPULAN...
Menulis sebenarnya mudah tapi dibutuhkan ketekunan dan kesabaran menjalani proses, dengan latihan rutin. 

Ikuti tips-tips diatas biar jago menulis dan mahir mengolah kata, terus latihan tanpa takut dijudge bahwa tulisan kamu jelek, cuek aja. Anggap saja kamu menulis untuk diri sendiri. 

Well nanti pasti akan menjadi penulis yang menjadikan kata-katanya sebagai senjata yang mampu menembus setiap logika pembaca.. 

wassalam bro.....