Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menulis Bebas yang patut dicoba para blogger


Menulis bebas bagi para blogger - Sebagai blogger bisa dibilang artikel adalah barang pengisi halaman blog sebagai bahan bacaan. Artikel baru dan berkualitas agar blog semakin maju dan banyak traffic yang akan semakin menaikkan popularitas blog.

menulis-bebas-untuk-para-blogger
jurnalpeewi.com
Namun untuk terus menulis artikel bagus dan SEO friendly untuk kebutuhan marketing tentu sulit apa lagi seorang penulis mengalami writerblock.

Macet ide atau disebut writer block memang menjadikan blogger yang memerlukan artikel menjadi penghalang produktivitas. Ditambah dengan sekelumit tehnik SEO yang harus dipenuhi agar tercipta artikel layak posting.

Namun dikala perasaan tidak ingin mengupdate artikel, tidak ada salahnya menulis artikel bebas. Ya artikel bebas tanpa riset keyword, dengan tehnik SEO seadanya. Yang penting menulis aja sudah. sesimpel itu.

Menulis bebas banyak manfaatnya, disamping membebaskan pikiran menulis apapun, yang dirasa penting dan ingin disampaikan dan juga memiliki pesan yang kuat, so menulis bebas sangat tepat.
Ketika menulis bebas, pikiran bebas menulis dengan gaya penyampaian dan pemilihan kata yang tanpa batasan, tulisan akan mengalir mengikuti arah pikiran dan ide yang ingin disampaikan.

Disamping melatih memperluas pikiran juga melatih kemampuan mengarah dalam menulis, berlatih imajinasi dan cara menyampaikan suatu ide.

Kadangkala dengan banyaknya aturan dalam menulis menjadikan otak memiliki sedikit ruang untuk lebih bebas nengutarakan ide. Namun ketika dibebaskan untuk menulis apapun yang ingin disampaikan kadangkala otak terasa tanpa beban dan ide seakan mengalir deras.

Tak cukup kata jika sudah menulis bebas, karena menulis menjadi keinginan tanpa ikatan dan paksaan. Tanpa sadar telah menulis panjang lebar.

Ketika menulis bebas usahakan jangan dulu diedit dan di revisi, cukup tuliskan saja apa yang terlintas, agar tidak mengganggu proses penulisan. pengeditan dan revisi bisa dilakukan nanti belakangan.

Menulis bebas juga meningkatkan gaya penulisan dalam menyampaikan sesuatu, jika menulis biasa membutuhkan EYD dan bahasa baku, maka dengan menulis bebas bisa menggunakan bahasa kekinian dan juga dengan gaya penyampaian yang lebih santai sehingga pesan yang disampaikan akan lebih mengena karena sudah tidak ada sekat dengan pembaca.

Dari segi pembaca, artikel yang ditulis bebas juga akan lebih alami dan lebih punya makna, karena ditulis bukan karena suatu target dan yang membaca pun akan mendapat bahan bacaan yang lebih berbobot dengan gaya bahasa sehari-hari yang lebih santai.
Menulis bebas juga berarti memberikan ruang kebebasan kepada kita untuk menulus dan menuangkan pikiran tanpa tendensi apapun, bebas saja tanpa tekanan. Yang penting menulis aja sebagai latihan mengekspresikan ide.

Menulis juga berarti ungkapan perasaan, rasa yang diungkapkan kedalam bentuk kata, walaupun rasa lebih dalam dan lebih bermakna, tapi setidaknya beberapa kata bisa mewakili rasa, maka menulislah agar apapun perasaan mu menjadi terwakili dan tersampaikan.

Bagi seorang yang baru saja belajar menulis, menulis itu sepertinya pekerjaan sulit dan berat, dibutuhkan jam terbang tinggi agar bisa menghasilkan tulisan berkualitas.

Karena itu diperlukan latihan rutin dan terus menerus, namun kadangkala kebingungan melanda sehingga otak tidak punya ide akan menulis apa, maka menulis bebas menjadi salah satu pilihan solusinya, dengan membebaskan pikiran tentang ide akan menulis apa, maka secara tidak langsung sudah melatih kreativitas dan spontanitas dalam mengolah kata-kata.

Manfaat menulis bebas :

1. membebaskan otak dari tekanan dan aturan.

Ketika otak terbebani maka ide dan kreativitas akan sulit dikembangkan, maka perlu disiasati salah satunya dengan menulis bebas, tentang apapun. Anggap saja sebagai latihan agar luwes dalam pengolahan kata.

2. melatih ketrampilan merangkai kata.

Menulis bebas pada umum nya sangat bermanfaat karena bisa menstimulasi otak dalam membentuk rangkain kata yang tepat yang mewakili makna tertentu dan menyampaikan pesan tertentu dengan menggunakan kata-kata yang tepat.

3. melatih kemampuan imajinasi.

Menulis bebas sangat menyenangkan, apalagi tidak ada aturan baku dalam menulis bebas, semua tergantung penulis.

Ketika rileks dan santai semua mengalir begitu saja, maka sangat bagus melatih imajinasi apalagi jika menulis sesuatu hal yang imajiner, bisa cerita fiksi atau fiksi ilmiah atau cerita masa depan.

4. melatih kemampuan mengembangkan ide dan argumentasi

Dengan menulis akan melatih kemampuan menganalisa suatu masalah mencari solusi bahkan alternatifnya juga melatih kemampuan untuk mengembangkan ide tentang suatu konsep ataupun pandangan, juga memperluas pola pikir yang didasari argumentasi yang valid juga memiliki referensi.

5. melatih kemampuan berbahasa

Menulis merupakan ekspresi hati dan otak yang disampaikan dalam bentuk kata, dengan menulis berarti menyalurkan hobi dan kemampuan berbahasa, dengan begitu akan semakin banyak kosakata yang akan memudahkan menyampaikan ide tentang suatu masalah.
Kesimpulan 

Dari pada dibiarkan tanpa ide dan hanya bikin pusing mendingan melatih kemampuan menulis dengan menulis gaya bebas tanpa aturan baku.

Karena cukup banyak manfaat selain juga melatih kemampuan menulis secara kontinyu.