Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blog baru anda dalam kurungan google sandbox? yuk ikuti tips berikut..

 
mengeluarkan-blog-baru-google-sandbox
Melepas blog baru dari kurungan google sandbox - Google sandbox menjadi momok menakutkan bagi setiap pegiat internet marketing khususnya blogger, ketika blognya masuk ke penjara google sandbox maka blognya akan sulit muncul di pencarian google yang otomatis akan berimbas pada traffic blog.

Baik blog baru maupun blog lama berpotensi dipenjarakan di google sandbox jika melakukan kesalahan yang telah diatur oleh google.

Namun secara otomatis blogger baru pasti akan masuk ke sandbox dulu sebagi tes sebelum nanti dilepas dan mendapat rangking serta dipercaya google.

Sudah menjadi rahasia umum ,yang sebelumnya dianggap mitos bahwa blog baru masuk kedalam google sandbox hingga dalam periode tertentu setelah memenuhi syarat dari google untuk lepas dan mendapatkan rangking di mesin pencari.

Google sandbox adalah kegelisahan bagi blogger pemula yang baru membuat blog apalagi setelah menulis artikel panjang. Berbagai pertanyaan membingungkan pun mulai muncul.

kok artikel saya tidak muncul dihalaman google ya?

Kok tidak punya rangking ya, padahal artikel saya 1000 kata?

kok tidak masuk top 100 halaman google ya padahal artikel saya berkualitas?

Sebelum menjawab pertanyaan - pertanyaan diatas, sebaiknya kita sepakat dulu.

Apa itu google sandbox khususnya untuk pemula yang baru memulai blog baru?

Google Sandbox adalah periode hibernasi tanpa pemberitahuan untuk situs yang baru terdaftar dari perspektif SEO di mana Google tidak mengirimkan lalu lintas pencarian apa pun kepada mereka bahkan setelah mengindeks halaman dan konten mereka.

Cukup banyak definisi dan pengertian berbeda-beda tentang hal ini, tapi kita bisa menyimpulkan bahwa google sandbox dalam konteks blog baru adalah sebuah masa inkubasi atau sebuah masa dimana blog baru tidak diizinkan untuk bersaing dengan keyword yang mempunya search volume tinggi atau punya kuantitas pencarian tinggi dalam kata kunci ditarget.

Juga tidak diizinkan menduduki 100 besar dari halaman mesin pencari seperti google.

istilah lainnya adalah google sandbox ibarat penjara sementara waktu bagi blog baru dengan otoritas domain masih bayi, yang masih belum bisa dipercaya kualitasnya sehingga seiring berjalannya waktu ia akan berkualitas seiring banyak konten dan bersaing di tingkat pencarian rendah.

BERAPA LAMA MASA BLOG BARU KELUAR DARI GOOGLE SANDBOX ?

Biasanya blog baru butuh 2 sampai 3 bulan untuk bisa keluar dari google sandbox.

Tapi seharusnya bisa lebih cepat jika melakukan tips dibawah, so simak sampai habis ya bro supaya blognya cepat keluar dari penjara google.

melepas-blog-baru-google-sandbox

LOGIKA DIBALIK GOOGLE SANDBOX

Rupanya Google memberlakukan Efek kotak pasir ( baca sandbox)  untuk meminimalisir situs web berkualitas rendah yang berisi spam yang dibuat untuk keuntungan SEO jangka pendek.

Alhasil, jumlah situs dan blog berisi spam di hasil penelusuran halaman google menurun drastis hingga akhirnya memperbaiki kontennya atau membuktikan bahwa situs atau blognya bukan spam dan mempunyai konten berkualitas.

***

Memang sangat membingungkan para pemula google sandbox ini, tapi bukan berarti tidak ada jalan keluar.

Banyak jalan menuju roma, banyak cara  untuk lepas dari sandbox, begitulah kira-kira hehehe...

CARA MENGELUARKAN BLOG BARU DARI DARI GOOGLE SANDBOX

1. Membuat konten minim  persaingan di keyword yang ditarget

Blog baru ibarat bayi, maka google belum mempercayai blog tersebut, makanya google cuek duluan terhadap blog baru.

Namun bukan berarti blog baru tidak bisa mendapatkan rank sama sekali, sangat bisa tapi untuk keyword tertentu dengan persaingan rendah.
Nah blooger baru perlu memaksimalkan artikelnya di keyword yang minim persaingan ini.

Untuk bisa mengetahui keyword minim saingan atau tidak bisa menggunakan tools gratis seperti ubersuggest ataupun google keyword planner.

saya yakin blogger sekalian sudah mengerti cara riset keyword...

2. Membangun awareness mesin pencari dari media sosial

Setelah menulis artikel lakukan promosi dan bagikan artikel ke sosial media, arahkan pengunjung untuk membaca artikel kita.

Walaupun ini dianggap redirect visitor tapi cukup ampuh untuk membangun kepercayaan dari google.


3. Tulis artikel menurut niche yang anda pilih

Walaupun google melarang blog baru untuk bersaing di keyword yang memiliki persaingan tinggi, tak ada salahnya menulis keyword tersebut jika dirasa kemampuan anda memang bisa dan anda menguasai bidang yang anda tulis.

4. Rutin update artikel berkualitas

Sebagai blog baru dan domain baru, otoritas masih rendah dengan umur yang masih bayi, maka diperlukan artikel yang tidak hanya original berkualitas tapi juga rutin mengupdate konten blog.

Dengan update rutin google akan mengindeks artikel dan blog sehingga meningkatkan kepercayaan kepada blog kita.

Dengan update artikel rutin juga turut menambah daftar posting konten di blog, juga menambah kuantitas artikel di blog.

Bukankah salah satu konten pengisi blog adalah artikel. Dengan update yang rutin dan menulis artikel berkualitas baik memenuhi tidak hanya standar SEO tapi juga nyaman dibaca sehingga memnuat pembaca mendapatkan solusi dari permasahannya, juga membuat pengunjung puas yang akan mempengaruhi kualitas blog di perangkingan.

5. Menunggu masa kurungan habis

Buat blog baru biasanya berkisar antar 2-3 bulan, jika cara-cara diatas sudah digunakan tapi masih belum lolos juga dari pasir hisap google sandbox, maka pilihan terakhir tunggu masa masa percobaan blog baru habis.

Disaat masa tunggu tulislah konten bagus berkualitas juga original.



KESIMPULAN
Google sandbox pasti akan menjaring blog baru, karena ini adalah salah satu kebijakan google memerangi blog spam dan tidak berkualitas.

Bayangkan ribuan blog baru dibuat setiap hari dan jika bisa mendapat rangking di halaman google pasti akan menjadi problem.

Untuk blogger baru tetap semangat ngeblog sambil terus buat konten artikel original berkualitas sambil menunggu mendapat rangking di halaman google.