Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BINGUNG MAU TULIS APA? Tulis menurut feeling aja....

bingung-mau-menulis-apa,tulis-saja-menurut-feeling

Bingung mau nulis apa, tulis menurut feeling saja - Terkadang ketika suasana gabut menyelimuti qalbu mengekspresikan pikiran bermanfaat secara makna dan estetika itu sulit.

Maunya santai dengerin musik sambil curhat di medsos, hehehehe

Daripada ngelakuin hal yang gak berfaedah mending ditulis aja buat artikel. Pasti seru tuh...

Konon katanya musisi hebat menbuat karya fenomenal ketika senang banget dan ketika dalam keadaan galau, entah lagi mikirin sesuatu, lagi gak punya duit, lagi berantem sama pacar, lagi diputusin pacar dan lain sebagainya yang gak muat kalo ditulis semua.

Daripada bingung mau menulis apa, mending tulis aja mengenai sesuatu yang tengah kamu rasakan. Apa yang dirasakan itu yang dituangkan kedalam artikel juga tulis alasan dan pelajaran yang bisa kamu petik didalamnya.

Dijamin keren deh apalagi sharing feeling sebagai pengalaman buat orang lain yang mungkin belum pernah mengalaminya.

Sehingga jika suatu saat mereka menghadapinya mereka siap dan gak shock atau panik.

Jika menulis tema yang berat membutuhkan banyak tenaga dan pikiran mulai mencati materi mencati referensi membuat kerangka tulisan, akan dotulis dengan bahasa seperti apa dan pesan didalamnya yang akan disampaikan. Banyak deh persiapannya yang butuh effort lebih.

Jika dirasa pikiran dan hati lagi tidak bersahabat (baca: kontroversi hati) maka tulis saja hal-hal ringan misalnya hal lucu, fakta-fakta aneh, atau pengalaman unik atau bisa juga curhat ke blog sendiri.

Selain bisa melegakan hati yang galau juga bisa sebagai ekspresi perasaan dan juga sebagai hiburan untuk melepas kepenatan.

Menulis juga bisa dijadikan sebagi media hiburan dikala hati hati tak karuan, selain bisa mengungkapkan segala ekpresi hati mulai dari sedih galau gelisah takut marah senang bahagia semua bisa tuangkan kedalam tulisan, selain bisa membuat perasaan jadi lega juga bisa menjernihkan pikiran dari kegalauan.

Jadi kenapa bisa mau tulis apa ketika galau, jadikan kegalauan sebagai artikel yang ditulis sebagai ekspresi hati. 

Ungkapan perasaan tentang suatu hal.
Apalagi jika ditulis dengan gaya bahasa yang menyentuh yang mampu menghanyutkan hati setiap orang yang membaca nya pasti akan sangat menarik.

Ditambah jika ditulis dalam bentuk artikel berbentuk narasi, yang mencerikan apa yang dialami secara runut detil dan dibumbui drama dan konflik perasaan. jangan lupa tambahkan alur dibalik kenapa kita menghadapi perasaan itu, Dijamin seru buat dibaca...

# TULIS APA YANG KAMU RASAKAN

Terkadang ketika tidak ada ide, dan perasaan juga bingung mau menulis apa yang berat dan penuh informasi untuk dijadikan artikel, kenapa tidak menulis saja yang ada dipikiran kamu tentang apa yang kamu rasakan.

Menulis menurut perasaan menjadi kegiatan seru yang menjadikan penulis tanpa beban dalam menulis suatu artikel baik opini pendapat ataupun artikel jenis yang berisi informasi.

Menulis random memang asyik, menjadikan penulis bebas mengeskpresikan idenya tanpa banyak interfensi mulai dari mencari referensi dan berbagai hal lainnya yang bisa menjadi tekanan bagi penulis.

Namun bukan berarti mengabaikan referensi tapi menulis tanpa mencari referensi ketika akan menulis tapi referensi sudah mengendap didalam pikiran sehingga tinggal menuangkan dengan gaya bahasa sendiri kedalam bentuk tulisan.

# TULIS MENGGUNAKAN BAHASA YANG LOGIS

  •  mulai apa yang kamu rasakan?
  •  kenapa kamu merasakannya? 
  • kenapa perasaan itu muncul? 
  • apa pesan yang dibawa oleh persaan tersebut? 
  • berapa lama dia akan menghiasi suasana hati? 
  • apa ini kondisi sementara atau bertahan selamanya?
Jika sedang bad mood atau sedang galau sangat bagus menulis jika menggunakan pertanyaan - pertanyaan diatas, lalu tulis dengan bahasa yang tidak kaku atau juga bisa dengan bahasa gaul. 

Utamakan tulisannya mempunyai pelajaran baik dari sisi pengalaman ataupun pesan yang kuat yang bisa dipetik diakhir tulisan.

Kata orang menulis itu tidak susah, cukup buka laptop atau buka buku lengkap dengan pena. Lalu tulis apapu yang ada dipikiran biarkan ia mengalir membentuk sebuah kalimat yang akhirnya membentuk sebuah paragraf.


# MENULIS HANYA BUTUH KEINGINAN DAN KEMAUAN
Jika dilatih terus maka feeling akan susunan kata dan rangkaian kalimat akan terbentuk secara alami dengan sendirinya. 

Seiring latihan terus akan menjadi kebiasaan yang melibatkan perasaan ketika menulis pasti akan memiliki kekuatan kata dan kedalaman makna didalamnya. 

Karena setiap kata mengandung makna dan setiap kalimat mempunyai kekuatan didalamnya.

# LATIHAN MENULIS ITU PENTING!
bingung-mau-menulis-apa?
Sekalipun tidak ada ide, mending tulis saja apa yang kamu pikirkan daripada memikirkan akan menulis apa.

Selain lebih repot juga memnutuhkan lebih banyak energi dan belum tentu akan terjawab juga karena lagi stuck tidak ada ide.

Menulis apa yang ada dipikir bisa jadi juga sebagai latihan menulis agar skill menulis terus terasah apalagi baru memulai terjun ke dunia blog dan baru memulai menulis artikel. 

# TULIS TENTANG HOBI
Ketika otak ngeblank mau menulis tentang apa, atau otak kehabisan kata untuk menulis, maka salah satu langkahnya adalah menulis tentang hobi.

Setiap orang pasti punya hobi, dan setiap hobi pasti punya kesamaan dengan orang yang yang menyukai hobi yang sama, maka tulis saja tentang hobi.

Mulai kenapa anda menyukai hobi tersebut, hobi tentang apa pengalaman suka dan duka ketika melakukan hobi tersebut dan sebagainya.

Menulis tentang hobi sendiri sangat membantu ketika bingung tidak tahu mau menulis tentang apa, karena hobi yang menjadi kesukaan sendiri pasti sudah memiliki banyak informasi, apabila informasi tersebut ditulis ke dalam konten dan diposting pasti akan ada orang lain yang terbantu berkat tulisan kita dan pastinya akan mendapat banyak kawan dan relasi nantinya yang menyukai hobi yang sama.

# TULIS TOPIK SEDANG TRENDING ATAU VIRAL
bingung-mau-menulis-apa?
Jika bingung mau menulis apa, maka menulis topik yang sedang hangat diperbincangkan di ranah online sangat layak menjadi tulisan, menulis topik sedang trending atau viral disamping memberi ide menulis juga pasti pencariannya banyak dicari orang.

Tulislah isu viral dengan bahasa yang sedikit out of the box atau dengan judul clickbait agar mengundang orang membaca, terus tulislah dengan bahasa sedikit berbeda dengan artikel lainnya atau tulis dari sudut pandang berbeda.


Kebanyakan isu trending mengandung kontroversi yang mengandung pro dan kontra di dalamnya maka coba tulis berdasarkan sudut pro atau sudut kontra atau dari perspektif keduanya. Jangan lupa tulis dengan gaya bahasa yang menarik dan jangan membosankan.


Tidak usah terlalu peduli apakah akan bagus ataupun tidak , cukup tuliskan saja....