Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KIAT MENULIS ARTIKEL SETIAP HARI BAGI BLOGGER PEMULA


kiat-menulis-artikel-setiap-hari-blogger-pemula

KIAT MENULIS ARTIKEL SETIAP HARI BAGI BLOGGER PEMULA - ketika memutuskan untuk menjadi blogger, pasti seorang blogger blogger dituntut menulis konten yang berkualitas juga informatif.

Namun masalahnya tak semua blogger pemula mempunyai banyak ide dan juga gaya tulisan yang menarik untuk dijadikan artikel. 

Sebagai blogger pemula harus sedikit melawan rasa kurang pede dan juga rasa malas untuk terus produktif menulis artikel bermanfaat yang mendatangkan banyak pengunjung yang nantinya akan sangat berpengaruh kepada blog.

Menulis artikel bagus setiap hari bukanlah tugas yang gampang apalagi jika baru memulai membuat blog dan minim pengalaman di bidang ini.

Tapi tak perlu khawatir, sekalipun ini adalah hal baru tapi ada kabar baiknya yaitu semua hal bisa dilatih dan diasah. Dibutuhkan effort lebih dan tahan banting dalam belajar menulis konten apalagi konten yang menarik dan mampu membuat pembaca betah.

Semakin diasah semakin tajam,begitu lah filosofi dari sebilah pisau, sekalipun ia tumpul dan berkarat jika terus ditempa dan diasah maka lambat laun ia akan menjadi tajam juga, begitupun dengan tulis menulis, jika terus dipelajari dimana kurangnya dan ketidak pahaman, lalu berlatih maka kita menjadi lebih bagus dan ujungny menjadi mahir juga.

Memang semua tidak ada yang instan, dibutuhkan kesabaran dalam belajar dan berlatih ditambah effort maka menulis artikel bagus yang mampu menghipnotis pembaca ditambah direkomendasi oleh google mesin pencari dengan muncul dihalam pertama adalah hal yang mungkin terjadi.

kiat-menulis-artikel-setiap-hari-blogger-pemula

Kiat Dan Tehnik Menulis Artikel Setiap Hari Bagi Blogger Pemula:

 1.  Perbanyak membaca

Hal pertama yang menjadi bahan bakar dalam menulis adalah membaca, ia seperti bensin bagi mobil. Jika kesulitan dalam mengungkapkan pikiran menjadi tulisan maka bisa dilatih dengan memperbanyak bahan bacaan. 

Bisa membaca tulisan artikel orang lain, buku atau mencari rujukan yamg menarik minat kamu.
Jika menulis adalah output maka membaca adalah inputnya. Jika menginginkan output berkualitas maka harus dipastikan input berkualitas juga.

Bisa dimulai dengan belajar membaca yang efektif dalam mengambil pemahaman dan intisari yang luas. Selain menambah kosakata dan database di otak yang meningkatkan kemampuan menulis nantinya.

BACA JUGA: Pengalaman blogger pemula

 2.  Mulailah menulis

Untuk memulai menulis setiap hari, maka tulislah artikel setiap hari, mulai saja dengan artikel sederham namun tetap original dan memiliki isi paling tidak bermanfaat bagi pembaca.

Tak perlu memaksakan diri menulis tulisan panjang, jika dirasa berat cukup tulis dulu artikel sekitar 500 kata. Lakukan itu setiap hari sampai membentuk suatu kebiasan menulis. Lama kelamaan kemampuan menulis juga akan bertambah.dan berkembang tanpa disadari.

 3.  Menulislah untuk pembaca

Jika dirasa riset keyword cukup memberatkan apalagi sebagai blogger baru atau pemula kan cukup sulit bersaing dikeyword tertentu dan harus memilih longtail keyword.

Apabila dirasa dengan riset keyword itu menyulitkan menulis, luapakan sejenak tentang riset keyword, tulis apa yang memang mau ditulis, anggap saja apa yg ditulis bermanfaat dan dibutuhkan pembaca. 
Nanti seiring berjalannya waktu dan semakin banyak jumlah artikel di blog maka google juga akan memberikan page rank bagi blog kita, biasanya blog baru terkena sandbox dari google sampai masanya keluar baru dikasih rank.

Nah dimasa sandbox itulah perbanyak menulis agar cepat mendapatkan perhatian google.


 4.  Disiplin dalam menulis

Sebagai blogger baru cukup sulit untuk disiplin apalagi di awal- awal membuat blog, banyak halangan datang menghadang.

Diperlukan tekad kuat untuk disiplin, agar mampu menghasilkan tulisan yang update setiap harinya. Sebaiknya menulislah secara rutin dan konsisten agar blog menjadi lebih bersahabat dengan google sebagai mesin pencari atau pun ditunggu oleh pembaca.

Apalagi jika artikel tulisan kita mengena di hati pembaca pasti mereka akan setia menunggu update nya..


5. Pisahkan proses menulis dengan mengedit tulisan

Jika memang menulis cukup ketikkan saja apa yang ingin ditulis tanpa perlu koreksi, karena jika mengedit sambil menulis takutnya menghilangkan konsentrasi dan menghilangkan ide yang hendak ditulis.

Tuangkan segala pikiran, tanpa edit. cukup mainkan jarimu diatas keyboard sambil mencurahkan isi pikiran.

Setelah semua tulisan tertuang kedalam artikel lalu lakukan editing  sebagai finishing suatu artikel. Harus dipisahkan antar menulis dengan mengedit. Karena jika digabung takutnya memacetkan ide yang tadinya sudah tersusun rapi dipikiran dan kehilangan konsentrasi dan ujung-ujungnya ga jadi-jadi tu artikel.


6.  Temani dengan secangkir kopi

Kopi temannya blogger, ini opsional sih. Memang kopi dengan kandungan kafein nya sebagai stimulan yang sangat membantu para blogger dalam menuangkan isi pikirannya menjadi artikel.

Secangkir kopi ibarat teman yang setia menemani blogger dalam menulis buah pikirannya, ia sebagai supporter yang siap memberikan dukungan.

Tapi tak ada salahnya untuk menjaga mood dan suasana dengan minum kopi, juga juga mampu membuat rileks dan lebih percaya diri dalam menulis.
Kopi+literasi = karya seni.
Minuman hitam atau berbagai kreasi kopi terbukti menaikkan mood suasana hati menjadi lebih berenergi dan ini bagus untuk menulis, membuat otak memompa ide seakan ide terus mengalir.


7. Pilih tempat yang suasana nyaman

Tempat juga sangat menentukan kualitas tulisan, sebaiknya carilah tempat yang nyaman, bisa di tempat sepi atau ditaman ataupun dikafe sambil ditemani headset dengan lagu favorit. Tentu akan membuat suasan hati menjadi damai dan menulis pun menjadi lebih mengalir.

Ibarat kata orang dulu " pena menari dengan lincahnya tanpa terasa" begitulah kira-kira kalau sudah berada dalam tempat yang suasananya nyaman, menulis artikel panjang pun tak terasa.

Tapi disitulah komitmen blogger pemula diuji untuk terus menulis, sampai akhirnya lolos dan menulis menjadi enjoy. Bahkan ga enak kalau satu hari gak nulis.


KESIMPULAN : MENULIS ARTIKEL MENARIK SETIAP HARI BAGI BLOGGER PEMULA

  • Dengan tekad kuat dan kemauan tinggi, menulis artikel menarik setiap hari / artikel  yang nyaman dibaca sehingga membuat pembaca ingin berlama-lama diblog.
  • Menulis setiap hari minimal 1 artikel layak dipertimbangkan bagi blogger pemula, karena jika sehari 1 artikel maka sebulan saja mencapai 30 artikel. Bukankah semakin banyak artikel maka menaikkan kepercayaan pembaca juga google kepada blog kita.
  • Rasa malas memang musuh blogger, apakah blogger senior maupun blogger baru, namun blogger baru lebih berat dalam menghadapi kemalasan karena baru mulai dan harus menulis sesuatu hal yang baru dipelajari atau masih dalam tahap belajar.
  • Memang dibutuhkan effort lebih dalam mengalahkan rasa malas hingga menulis menjadi kegiatan menyenangkan. 
***
Itulah beberapa tips agar produktif menulis setiap hari, apalagi untuk blogger pemula, intinya dibutuhkan kerja keras, effort lebih dan komitmen agar menulis menjadi menyenangkan dan tanpa terasa sudah banyak tulisan artikel sudah dihasilkan.

Keep spirit, and enjoy the moment.....