Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Positif Dan Sisi Negatif Akibat Perkembangan Teknologi

manfaat-positif-negatif-perkembangan-teknologi

Manfaat Positif Dan Sisi Negatif Perkembangan TeknologiDi tengah gempuran  peradaban yang begitu ambigu  dengan peningkatan globalisasi yang menghapus segala border dan batasan seakan dunia menjadi satu desa yang flat yang bisa kemana saja dalam waktu singkat.

Globalisasi ibarat suatu aliran gelombang yang sulit dibendung ditambah dengan perkembangan teknologi yang berubah dalam hitungan menit bahkan detik.

Suatu hal mungkin dianggap baru tapi tinggal hitungan bulan sudah keluar teknologi baru yang lebih baru dan mutakhir.

GLOBALISASI  DI BIDANG TEKNOLOGI

Dibalik kilauan globalisasi yang ditandai dengan berkembang pesatnya teknologi yang membuat siapa saja menjadi terpana dan stunning dengan perkembangan teknologi canggih sembari berimajinasi dunia di masa yang akan datang seperti apa.

Dengan perubahan dunia akibat kemajuan teknologi dan globalisasi membuat manusia semakin produktif dalam memaksimalkan kinerjanya juga semakin memudahkan segala aspek dalam kehidupan.

Jelas ini sebuah hal yang positif yang terjadi berkat  teknologi dengan paduan globaliasi dunia, Tapi skenario lain terjadi.

Bayangkan di saat semua hal bisa dengan mudah dilakukan tapi kebanyakan manusia pada masa kini menjadi apatis bahkan skeptis dalam memandang kehidupan.

Mereka menjadi lebih rapuh, banyak hal yang membuat kehidupan menjadi berubah baik dari segi nilai maupun pandangan perspektif tentang hidup di zaman modern itu sendiri.

Memudarnya nilai juga kehilangan esensi akan peta kehidupan yang akan dijalani membuat banyak orang kebingungan ditengah canggihnya dunia dan glamornya gaya sosial di kehidupan.

Seakan setiap orang memiliki barometer sendiri memandang hidup yang diasosiakan dengan kesuksesan dan kekayaan sebagai patokan mutlak dalam mencapai kebahagiaan hidup.

Dengan  melimpahnya materi dan dikenal ataupun disegani menjadikan hal tersebut sebagai sesuatu yang diburu dan layak didapatkan. Tidak boleh tiada, dengan adanya terwujud kebahagiaan dan ketiadaanya berarti kesedihan.

Lantas boleh jadi kesuksesan dengan melimpahnya materi dan dikenal ataupun disegani dan disanjung di berbagai platform di dunia maya maupun nyata, ternyata masih menyisakan sedikit kegelisahan jiwa.

Pasalnya setelah mendapatkan priviledge tersebut kebanyakan yang tak mempunyai nilai pegangan tak tahu mau dibuat untuk apa dan dikemanakan fitur spesial tadi.

Hidup dimana dunia ditengah globalisasi dan menuju puncak kemajuan teknologi memang mudah-mudah gampang, mudah jika mengetahui dan bisa mengaplikasikan teknologi tersebut sesuai porsinya dalam menunjang aktivitas dan juga di manfaatkan untuk kebaikan bersama serta untuk manfaat untuk banyak pihak, sehingga manfaat bisa dirasakan bukan hanya bagi diri sendiri tapi semua orang.

Karena inilah sebenarnya esensi teknologi, mencapai kesejahteraan dengan banyaknya manfaat dibalik kemudahannya.

Tapi tidak semua hal itu proporsional, untuk menuju ke tahap tersebut dibutuhkan tidak cuma pengetahuan tapi juga kebijaksanaan dalam bingkai kesadaran akan pengendalian diri. 

Apalagi dengan adanya teknologi semua hal menjadi mudah, kemudahan tak selamanya bagus, tapi juga sekaligus membawa efek samping yang justru merusak nilai lain, sebagai contoh karena teknologi yang meudahkan berbagai hal, banyak orang akhirnya menjadi malas dan terperangkap budaya instan. 

Sehingga mereka tidak lagi menghargai proses, padahal didalam proses itulah berbagai pembelajaran yang mengandung berbagai nilai positif bisa diambil, dan hal ini mulai luntur semenjak teknologi hadir memudahkan berbagai hal.

manfaat-positif-negatif-perkembangan-teknologi

INILAH BERBAGAI MANFAAT POSITIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI:

1. Mempermudah komunikasi

Dahulu komunikasi sangat sulit dilakukan, baik lintas kota , lintas provinsi hingga lintas negara. Namun dengan hadirnya teknologi canggih berbasis internet yang sudah mencapai jaringan 5G maka komunikasi menjadi mudah dan murah bahkan untuk lintas negara bahkan lintas benua. 

Everything going to be easy.

2.Kemudahan dalam transportasi

Kemajuan teknologi juga membawa dampak besar di bidang transportasi, jika dahulu masa revolusi industri hanya menggunakan kereta uap, maka seiring kemajuan teknologi menghadirkan alat transportasi yang begitu canggih mulai dari alat transportasi umum hingga pribadi.

Untuk transportasi umum sekarang ada kereta listrik bahkan yang terbaru kereta magnet tanpa rel dengan kecepatan super cepat.

Untuk transportasi pribadi ada berbagai mobil dengan fitur-fitur canggih, mulai mobil otonom,mobil listri hingga mobil sport dengan kecepatan tinggi.

Jelas dengan perkembangan teknologi otomotif dan transportasi memudahkan manusia dalam perjalanan, waktu dan tempat sudah bukan lagi penghalang sebuah perjalanan.

3. Alat bantu canggih mempermudah berbagai aktivitas.

Dalam hal pekerjaan manusia sangat terbantu dengan hadirnya teknologi, banyak hal pekerjaan yang dulu membutuhkan banyak tenaga bahkan memakan waktu lama tapi semenjak diciptakan mesin akhirnya pekerjaan tersebut menjadi lebih efisien dalam hal tenaga maupun waktu.

4. Mempermudah proses belajar dengan banyaknya akses informasi.

Ini juga menjadi hal yang sangat membantu manusia, seperti kita tahu kebutuhan manusia akan informasi dan pengetahuan sama pentingnya dengan makan dan minum.

Dengan hadirnya kecanggihan teknologi dan berbagai perangkat hingga gadget semua akses informasi ditambah dengan jaringan yang cepat hingga saat ini mencapai 5G generasi kelima, maka mencari informasi dan pengetahuan menjadi mudah dan gampang.

Dibutuhkan sedikit effort dan kemauan untuk mempelajari berbagai ilmu dan pengetahuan.

Tapi teknologi tidak selamanya baik, setiap hal yang positif pasti selalu didampingi oleh hal negatif karena itulah identitas atau aturan main kehidupan dunia...

5. Menambah lapangan pekerjaan

Munculnya berbagai profesi baru tak lepas dari perkembangan teknologi, berbagai profesi baru yang dulunya tak pernah terbayang oleh siapapun. Mulai dari youtuber, blogger, freelancer, bahkan berbagai profesi lain yang memanfaatkan internet.

Dengan kecanggihan teknologi dan perkembangan jaringan internet yang sampai saat ini telah mencapai generasi ke 5 atau 5G, memungkinkan setiap orang bekerja tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.

Bekerja dengan remote yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan dengan imbalan nominal yang fantastis. Jelas dalam hal ini teknologi memiliki andil besar dalam bidang ekonomi.
                                  

Namun teknologi bukanlah suatu perubahan yang sempurna,ia seperti gelombang yang membawa sisi positif juga sisi negatif.

manfaat-positif-negatif-perkembangan-teknologi

Apa saja sisi negatif dari perkembangan teknologi, simak terus ya..

SISI NEGATIF AKIBAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI :

1.Menjadikan manusia menjadi individualis

Tak bisa dipungkiri, dengan hadirnya berbahai inovasi teknologi membuat segala hal menjadi jauh lebih mudah, sehingga tak perlu bantuan dari oranglain untuk melakukannya,ini sisi positifnya.

Tapi di lain sisi membuat segala kemudahan itu membentuk setiap orang menjadi lebih egois, karena sudah bisa dilakukan sendiri untuk apa orang lain, disadari atau tidak pada akhirnya membentuk jalur berpikir baru yang berdasarkan fakta kemudahan dari produk teknologi.

Bukankah manusia makhluk sosial sekaligus individu dalam aspek lainnya. Dengan hadirnya teknologi seakan menegaskan kembali bahwa manusia itu individualis yang segala hal bisa diatasi sendiri tanpa melibatkan orang lain.

2.Membuat kecanduan

Perubahan zaman akibat kemajuan teknologi juga menimbulkan dampak kecanduan akan gadget dan perangkat digital yang notabene adalah hasil dari inovasi teknologi.

Sebuah perangkat pada awal mulanya sangat membantu dalam belajar atau mencari informasi misalnya, pada akhirnya malah membuat pemiliknya kecanduan seakan tak bisa jauh bahkan tak bisa hidup tanpanya.

Sulit dibayangkan apa jadinya dunia ini tanpa alat digital karena saking butuhnya setiap orang akan benda tersebut. Bahkan orang lebih rela ketinggalan dompet dari pada ketinggalan smartphone, karena dunia digital saat ini semua hal sudah bisa diakses menggunakan perangkat digital tanpa perlu dompet fisik yang dulunya sangat berharga.

Kecanduan sosial media dan gadget memang menjadi masalah bersama dibalik kemajuan teknologi, disamping berbagai manfaat positif tentunya. Kecanduan akan perangkat seperti smartphone dan sosial media membuat banyak orang menghabiskan waktunya untuk hal yang kurang penting.

Mulai stalking mengenai informasi public figur, mulai artis sampai atlet olahraga favoritnya, bahkan sampai ke masalah pribadinya ingin diketahui, padahal tidak ada pentingnya mengetahui hal tersebut.


3.Menurunnya Skill dan kemampuan 

Memang teknologi menawarkan basis informasi bagaikan lautan tanpa tepi, semua seakan tersedia.

Kemajuan teknologi memungkinkan setiap orang mempelajari hal baru tanpa perlu bersusah payah, cukup modal kuota internet dan perangkat gadget apakah handphone ataupun laptop semua informasi dicari hadir didepan mata.

tinggal pilih mau lewat video semisal youtube ataupun tulisan berbentuk artikel dari berbagai blog seperti blog ini contohnya, ya semudah itu...

Tapi karena makin mudahnya segala akses informasi yang terdapat di internet secara umum, membuat orang malas dalam meningkatkan kemampuan otak misalnya dengan mengetahui secara detil akan setiap permasalahan atau suatu bidang.

Mereka hanya sekedar tahu luarannya saja, tahu judul istilah kasarnya, yang sangat jauh berbeda dengan orang dulu yang belum banyak teknologi canggih.

Tapi orang dulu punya SDM yang mumpuni yang ditandai dengan daya ingat yang sangat kuat dan detail sekaligus menguasai banyak ilmu walaupun dengan teknologi belum secanggih kini.

kualitas manusia modern hanya sekedar bisa menggunakan "Ponsel Pintar" (baca smartphone) yang didalamnya memuat banyak informasi pengetahuan tanpa menjadikan "Dirinya Pintar" (baca smart person atau smart people), bukankah ini ironis.

Seharusnya kecanggihan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan skill setiap orang dan juga daya kreasi yang bermanfaat pula.


4. meningkatnya informasi bohong / hoax

Ini masalah yang sulit diatasi, perubahan teknologi membawa dampak kemajuan zaman. Tapi juga ikut serta berbagai informasi fiktif didalamnya, ia ibarat sungai yang tak hanya menampung air, ikan, dan berbagai manfaat untuk sekitar tapi juga ikut menghanyutkan sampah didalamnya.

Disinilah peran penting pendidikan dalam membedakan informasi hoax atau jauh dari kebenaran dengan informasi yang faktual dan informatif.
Untuk lebih membuat teknologi tepat sasaran sebagai alat bantu mempermudah segala urusan manusia. Setiap orang harus memahami dulu iomu bernalar yang benar sesuai aturan yang logis.

Jauh dari logika atu bernalar yang tepat inilah yang pada akhirnya melahirnya para netizen yang baperan dan suka menjudge siapapun yang menurut mereka "salah".

Teknologi pada awalnya sumber pengetahuan dan alat bantu untuk memperluas manfaat malah jadi alat saling judge dan menyalahkan ala netizen yang selalu benar. Ini tak lain karena kurangpahamnya warganet pengguna teknologi, mereka belum siap atau masih kaget dengan segala kemudahan ini . Bahkan mereka heran untuk apa kecanggihan teknologi ini??

Jelas jawabannya tanyakan kepada netizen, hehehe

5.Menjauhkan yang dekat dan Mendekatkan yang jauh.

Dibalik arus globalisasi dan kemajuan teknologi membuat semua hal dan semua orang menjadi semakin dekat, yang jauh bisa bertatap muka langsung dan berbicara langsung.

Hanya menyisakan sedikit gap yaitu layar lcd. Tapi dibalik kedekatan tersebut menyisakan problem lain yaitu ketika sudah merasa kedekatan jarak jauh, ketika bertemu langsung malah menjadi aneh dan semakin menjauhkan.

Menjauhkan yang jauh memang kurang pas untuk menjelaskan hal ini, tapi karena kebiasaan menggunakan alat teknologi akhirnya membuat manusia kehilangan sifat alamiahnya yang bertegur sapa dengan sesamanya jika bertemu atau bahkan menjadi canggung ketika berjumpa padahal secara video call atau telponan sangat lancar dan tak pernah kehabisa bahan untuk dibicarakan.

Di poin ini, memang teknologi sekali lagi turut andil dalam membuat kebiasaan baru bagi manusia, walaupun menawarkan kemudahan untuk yang jauh agar semaikn dekat. Tapi perlu juga penyesuaian dengan orang dekat agar tidak malah menjadi jauh karena sibuk sendiri dengan gadgetnya.


6. Menurun nya daya pikir kritis

Di balik kemajuan teknologi juga mempengaruhi pola pikir masyarakat yang ditandai dengan rendahnya daya pikir kritis dalam menghadapi suatu issue.

Masyarakat dengan mudahnya digiring oleh opini yang entah sengaja atau tidak diciptakan. Masyarakat sebagai objek pengguna teknologi seharusnya mempunyai keahlian berpikir kritis berdasarkan logika yang jelas, sehingga mereka mempunyai alat untuk membedakan antara berita atau isu itu mengandung kebenaran ataupun tidak.

Padahal sebenarnya dibalik globalisasi dunia dan juga kemajuan teknologi ini, masyarakat mampu berpikir lebih kritis berkat mudahnya akses segala informasi yang dibutuhkan, namun kebanyakan orang justru terjebak pada hal yang sebenarnya kurang penting, misalnya hiburan yang kurang mendidik prank yang hanya untuk mengikuti tren saja.


7. Menyebabkan Gangguan Kesehatan Mental

Peningkatan isu kesehatan mental juga bertumbuh karena salahsatu faktornya karena pertumbuhan kemajuan teknologi, disaat semua orang bisa membagi apapun yang dirasakannya dan dipikirnya. 

Seolah setiap orang bebas men share apapun yang dimiliki dan dirasakannya, apalagi kebanyakan pengguna media sosial sangat aware terhadap publik figur idolanya.

Ketika melihat dan ingin menjadi seperti idolanya, maka disitu mulanya kesehatan mentalnya mulai terganggu.

Ingin menjadi orang lain, ingin pamer apa yang dimiliki sampai krisis kepercayaan diri adalah salah satu mental illness karena membandingkan dirinya dengan orang lain termasuk idolanya.


BACA JUGA : fenomena dan penyebab perilaku konsumtif


KESIMPULAN
Itulah beberapa gambaran kemajuan teknologi, ia membawa begitu banyak manfaat,kemudahan bahkan menawarkan kenyaman bagi setiap orang. Namun perlu digaris bawahi diperlukan kebijaksanaan dan pengetauan dalam menggunakannya agar tercapai manfaat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang banyak.

Teknologi adalah gelombang perubahan yang tidak sempurna, ia menawarkan berbagai hal positif namun juga beserta hal negatif sekaligus, ia menawarkan informasi tanpa batas juga perubahan di banyak bidang, namun bisa membawa dampak yang buruk jika disalahgunakan atau ketidakmampuan sesorang dalam menggunakannya ke arah positif.

Dibalik kelebihan dan pengetahuan terdapat tanggung jawab besar didalamnya, itulah gambaran akhir untuk memahami derasnya arus globalisasi dengan kemajuan teknologi. Akal logika dan perasaanlah hakim sesungguhnya.

So jadilah pengguna teknologi yang cerdas serta bijak.