Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah - langkah menulis artikel menarik bagi pemula



langkah-menulis-artikel-menarik-blogger-pemula

Langkah menulis artikel menarik bagi pemula - Ketika membangun sebuah blog baru, maka dibutuhkan konten didalamnya yang tak lain lain adalah artikel.

Menulis artikel gampang bagi sebagian orang tapi sangat sulit untuk orang lain, apalagi sebagai pemula yang baru membangun sebuah blog dan baru juga dalam dunia menulis.

Apalagi jika ingin artikelnya dibaca banyak orang dan menduduki posisi halaman tertentu di halaman mesin pencari, pasti diperlukan artikel menarik dan berkualitas.

Ngomong-ngomong artikel berkualitas memang memiliki persepsi yang berbeda-beda setiap penulis, tapi memiliki ciri yang sama, yaitu memiliki informasi yang ingin dibagikan kepada pembaca, gaya penulisan menarik pembaca, gampang dipahami oleh orang awam maupun orang intelektual dan memiliki kandungan makna yang mengedukasi.

Hmm.. cukup sulit kan memenuhi ciri artikel menarik? Apalagi masih baru memulai menulis, hahaha....

Tapi jangan pesimis dulu, pemula bisa jadi penulis handal juga kok, yang penting terus belajar tentang cara menulis, update ilmu bagaimana menulis menjadi teratur dan kaya informasi juga enak dibaca.

Teruslah berlatih setiap hari, walaupun sulit tapi tetaplah menulis sebagai jalan mengasah skill untuk menghasilkan tulisan bagus. Lama kelamaan akan menjumpai ritme alur menulis sesuai dengan gaya kita.

langkah - langkah dan tips yang perlu dilakukan untuk pemula dalam menulis artikel menarik :

langkah-menulis-artikel-menarik-blogger-pemula

# Perbanyak Membaca
Hal yang pertama dilakukan untuk lancar menulis artikel adalah perbanyak membaca, dengan membaca maka akan menyerapa banyak informasi, gaya bahasa, sudut pandang penulisan juga menyimpan banyak kosakata.

Dengan banyak stok kosakata ketika menulis akan semakin mudah menemukan ritme tulisan yang membuat tulisan mengalir saja dan memudahkan penulis dalam meilih diksi atau kata yang cocok untuk mewakili maksud yang ingin disampaikan agar pesan yang ingin disampaikan tepat sasaran ke pembaca.

Kosakata yang banyak juga relatable juga sangat penting dalam menulis, apalagi dalam mengemukan sebuah gagasan agar pesan yang disampaikan sampai dan mudah dipahami pembaca.

Karena membaca juga memahami sudut pandang penulis, seakan penulis mengajak pembaca ikut serta dalam alur waktu dan larut bersama artikel yang dibaca.


# Latihan Menulis Setiap Hari
Langkah kedua adalah menulis itu sendiri, tetap lah menulis minimal 1 hari 1 artikel walaupun artikel pendek.

Ketika menulis memang banyak rintangan, mulai malas, kehabisan ide kebuntuan tulisan dan banyak hal lain.
Tapi disinilah dibutuhkan keseriusan dan fokus untuk menulis. Tetap menulis walaupun lagi malas minimal tulisan pendek.

Kemalasan memang sering melanda para penulis entah penulis senior ataupun penulis blog pemula, namun para pemula sangan rentan terkena rasa malas, yang akhirnya menghilangkan minat menulisnya.

Padahal dalam melatih kemampuan menulis, konsentrasi dan intensitas menulis sangat menentukaj sejauh mana kemampuan menulis seseorang itu berkembang. Semakin dilatih semakin ahli dan mahir, seperti pemain bola yang setiap hari latihan, contoh ingin menguasai skill tertentu, selain disiplin dalam berlatih juga mereka memiliki dispilin tinggi sekalipun lagi malas atau galau.

Begitupula dengan penulis blog, yang membutuhkan
update  artikel untuk kemajuan blognya.
Tidak apa apa tulisan belum enak dibaca dan bertele-tele tapi teruslah menulis setiap hari secara disiplin maka nanti akan muncul keahlian menulis artikel yang tidak hanya enak dibaca tapi padat informasi dan tentu mengena di pikiran pembaca.

# Tetap Enjoy Jalani Proses
Poin keselanjutnya dalam melatih menulis artikel yang berkualitas adalah tetap enjoy dalam menulis, dalam artian tidak merasa terbebani. Apalagi menuntut diri menulis terus.

Memang benar fokus dan disipilin sperti poin diatas sangat penting dalam menulis bagi pemula. Namun tak kalah penting tetap enjoy menjalaninya.
Mungkin suntuk atau galau, lebih baik mencari alternatif kegiatan atau hobi lain sebentar misalnya hobi berolahraga atau bermain game sebentar untuk menghilangkan kepenatan.

Tapi tetap enjoy disini perlu dibatasi, jangan sampai karena saking enjoy menjalani hobi menulis sampai melupakan hal lain, misalnya bersosialiasi sesama teman untuk sekedar ngobrol, nongkrong ataupun hangout.

Malah disaat hangout atau ngobrol sama teman itulah berbagai ide bisa muncul, ketika bertukar pikiran seputar hal-hal yang sedang trending, atau yang sedang populer misalnya bisa menjadi bahan tulisan artikel kita selanjutnya.


# Artikel tidak harus panjang
Untuk pemula yang baru mulai menulis, pasti sangat sulit untuk menuangkan pikirannya kedalam tulisan layaknya orang berbicara, tapi tidak apa-apa jangan dipaksakan.

Tapi tetap menulis sekalipun menemui macet ide ketika menulis tulisan.
Lebih baik menulis semampu dulu, apabila lagi fokus dan konsentrasi bisa menulis sampai 300-400 kata tentang satu tema maka tulislah sampai 300kata tersebut. Tidak usah kejar tayang harus 1000 kata.

Lebih baik pause dulu, nanti mungkin bisa dilanjutkan kembali.Apabila macet ide ketika menulis. ambil jeda sejenak sambil mendengar musik mungkin bisa menjadi alternatif.

Atau juga mengganti tempat atau suasana, jika dirasa ditrmpat yang sama banyak distraksi atau ruangan tertutup,coba pindah ke ruangan terbuka, di taman atau di halaman rumah. mungkin bisa menjadi alternatif solusi menarik untuk melanjutkan tulisan.

# Tentukan target
Ini penting bagi penulis artikel pemula, apalagi blog masih tergolong baru dengan artikel masih sedikit.

Sebaiknya dalam berlatih mnentukan target, misalkan dalam sebulan pertama harus menulis 400 kata, bulan ke selanjutnya menambah menjadi 500 kata. dan seterusnya.

Target diperlukan dalam latihan menulis artikel supaya kita tahu sudah sampai di level mana kita berada. apakah ada peningkatan kemampuan atau tidak.

Target juga menjadi ukuran kemampuan menulis, dengan mentarget kita sebagi penulis pemula akan bersemangat mencapai ukuran yang telah ditentukan, Tentunya taget harus rasional dan terarah.

# Uji kemampuan menulis
Setelah semua poin diatas dilakukan, maka tidak ada salahnya menguji krmampuan menulis kita apakah ada peningkatan dari pemula atau tidak?

Bisa menguji diri sendiri atau men challenge diri dengan menulis satu artikel bertema tertentu secara runut dan detail hingga 1500 atau 2000 kata misalnya.

Sebuah artikel menarik memang banyak perbedaan seperti apa ciri dan bentuknya, tapi kebanyakan penlis artikel sepakat baik dari segi SEO dan informasi untuk pembaca tentu dengan jumlah kata yang banyak lebih baik karena bisa menampilkan banyak informasi didalamnya secara rinci dan lebih mendalam.

Sedangkan dari sisi SEO tentu memiliki keyword density yang lebih padat didalamnya, tanpa perlu khawatir terkena spam akibat keyword stuffing.

Tapi artikel bagus tak melulu tentang Jumlah kata, ini hanya salah satu dari sekian. Bukan sebuah patokan apalagi kepastian.

Bisa jadi artikel dengan jumlah kata yang sedikit tapi memilki informasi yang padat, dan dengan Keyword yang tepat didalamnya akan lebih baik, tentu hukan untuk pemula yang masih meempunyai PA DA yang rendah.



langkah-menulis-artikel-menarik-blogger-pemula

# Jangan pernah menyerah
ini poin terakhir, banyak dari pemula karena banyak hal, bisa karena malas, kehabisan ide hingga tak banyak visitor menjadikan mereka menyerah menulis artikel.

Tentu membangun blog baru bagi seorang pemula bukan pekerjaan gampang, dengan skill menulis masih kurang dan dengan pengetahuan SEO kurang juga.

Tapi ini bukan halangan selagi mau belajar dan mencoba, Nanti seiring pertumbuhan pengetahuan akan menemukan gaya menulis yang baik serta menghasilkan tulisan yang bagus yang berdampak juga kepada pengunjung blog yang bertambah banyak.

Semua butuh proses, tetap jalani proses, tetap semangat, jangan berhenti mencoba.
Itulah beberapa langkah dan tips untuk menghasilkan artikel menarik bagi pemula seperti saya yang masih baru membangun sebuah blog.

Jadi, Keep spirit and Enjoy the proses....