Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Alasan Kamu Harus Punya Blog Pribadi, Baca sampai habis bro!

alasan-harus-punya-blog-pribadi

Alasan kamu harus punya blog pribadi - Dewasa ini, disaat kemajuan zaman ditandai dengan perkembangan teknologi menuju puncak peradaban, banyak sekali hal yang bisa dilakukan di internet.

Mulai belajar, nonton berbagai hiburan bagi yang gratisan maupun berbayar, atau dipakai untuk menuangkan ide baik menjadi video yang akan diunggah ke berbagai platform semisal youtube atau juga menulis tulisan menarik yang meberikan banyak infornasi kepada orang lain.

Internet serba ada, di jaringan yang begitu luas ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan bisa itu positif juga bisa menjadi negatif, itu kembali ke personal masing-masing.


alasan-kenapa-harus-punya-blog-pribadi

kenapa kamu harus punya blog pribadi?

Berbicara masalah tulisan dan artikel, blog adalah salah satu medium yang tepat untuk menyalurkan hobi menulis, atau bagi yang belum merasa jago menulis juga bisa memanfaatkan blog untuk belajar menulis. 

Menulis sebuah artikel berkualitas yang mampu memberikan banyak informasi yang dibutuhkan orang lain bukan perkara mudah, dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman dibidang kuasai yang  ingin kita tuliskan sebagai artikel.

Blog dengan berbagai macam varian didalamnya, bisa gratis atau berbayar, bisa non-hosted atau self-hosted.

Semua bisa digunakan untuk menuangkan ide menulis atau ingin share pengalaman dan pengetahuan.

Selain bermanfaat bagi diri sendiri juga bermanfaat  bagi orang lain karena terbantu berkat sharing ilmu dan pengalaman dalam bentuk artikel yang kita bagikan.

alasan-kamu-harus-punya-blog-pribadi

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kamu harus punya Blog Pribadi :

1.Sharing pengalaman

Setiap orang punya pengalaman menarik yang dilalui didalam hidupnya. Setiap pengalaman pasti menpunyai cerita seru dibaliknya yang bisa menjadi pengalaman berharga juga bagi orang lain.

Tapi pengalman tetaplah pengalaman, jika tidak ditulis kedalam bentuk tulisan atau artikel maka lama kelamaan akan lupa bahkan hilang selamanya.

Beda halnya jika kita menuliskannya kedalam artikel bisa berbentuk cerita unik ataupun lucu, yang juga memperkaya pengalaman orang lain.

Jika itu pengalaman bahagia maka kita ikut mengeshare kebahagiaan tapi jika itu pengalaman tidak mengenakkan maka kita turut memberi pengalaman dan pelajaran agar hal tersebut tidak terjadi pada orang lain.

2. Berbagi pengetahuan

Setiap orang sebenarnya adalah seorang maestro dibidangnya yang tak bisa dibandingkan dengan orang lain. Tapi dikarenakan tidak menulisnya kedalam artikel yang dimuat diblog maka pengetahuan hnaya sekedar pengetahuan yang dimnegerti oleh satu atau segelintir orang.

Dengan adanya blog pribadi, kita bisa meng-copy pengetahuan yang kita miliki lalu menyebarluaskan agar semua orang tahu dan bisa mengambil manfaat dari pengetahuan itu.

3. Sebagai Catatan Informasi pribadi

Blog memang banyak jenis jika dilihat dari si penulisnya, ada blog dengan tujuan internet marketing namun ada juga blog dengan tujuan lain hanya sebagai catatan pribadi si empunya blog.

Dia tak peduli dengan SEO atau hal berbau optimasi, dia hanya ingin menulis catatan pribadi entah itu ilmu pengetahuan, curahan hati ataupun pengalaman berharga sang pemilik blog. 

Dalam hal ini blog bisa menjadi catatan harian atau jurnal pribadi.

4.Sarana Menulis dan belajar menulis

Blog adalah sarana menulis dan belajar menulis, Menulis adalah kegiatan seru juga melelahkan maka diperlukan latihan yang panjang juga waktu yang lama agar bisa menghasilkan artikel bagus juga berbobot.

Maka dengan adanya blog pribadi akan membuat tulisan yang dulunya aneh dan tidak memiliki alur bahsa yang bagus, semakin memilki alur bagus dan juga enak dibaca.

Artikel bagus tidak tercipta dengan instan, diperlukan proses latihan dan tentunya input yang berkualitas pula yaitu dengan banyak-banyak membaca.

5. Mengasah kemampuan menulis

Mempunyai blog mengharuskan pemilikny atau adminnya harus bisa menulis,karena artikel adalah nafas dari sebuah blog.

Dengan mempunyai blog pribadi, membuat kita mempunyai tanggung jawab juga target untuk terus update dengan menulis sekalipun tulisan masih kurang enak dibaca.

Seiring berjalannya waktu kemampuan menulis akan terasah dan terarah, gaya penulisan dan cara penyampaian tulisan akan lebih mengena ke pikiran pembaca.

6.Membekukan tulisan sebagai memory

Tulisan bisa dijadikan sebuah media untuk menyimpan sebuah memory, jika motret atau photo adalah melukis dengan cahaya dalam artian menangkap meomen lalu menyimpannya dalam bentuk gambar, maka blog yang berisi artikel dialamnya juga befungsi sama sperti foto tadi.

Menuliskan  tulisan kedalam artikel juga salah satu cara menyimpan kenangan atau ingatan yang bisa diulang kembali dengan membacanya.

7. Dapat Uang atau tambahan penghasilan

Jika kemampuan menulis sudah bagus dalam artian bisa memberikan banyak informasi didalamnya dengan bahasa mudah dimengerti pembaca maka otomatis akan mendatangkan banyak traffic pengunjung ke blog.

Seiring terkenalnya blog dan banyak pembaca juga bisa di monetisasi untuk mendapat tambahan penghasilan atau uang jajan bagi yang masih bersekekolah.

Apalagi bagi para blogger profesional yang menghasilkan pendapatan yang besar tapi mereka juga menfeluarkan effort besar untuk itu.

Namun tidak disarankan bagi pemula, apalagi baru buat blog untuk berekspektasi terlalu tinggi dengan mudah mendapatkan uang dari blog, karena akan kecewa nantinya.

Diperlukan proses panjang agar sebuah blog bisa menghasilkan.

8.Sebagai Internet marketing

Sekarang bisnis bisa dimulai dimana saja dan kapan saja, termasuk membuat blog.

Blog bisa dijadikan sebagai bisnis dengan syarat mempunyai konten menarik juga mempunyai banyak pengunjung yang membuat trafik tinggi. 

Tentunya hal ini berimbas pada otoritas kepercayaan dari mesin pencari seperti google, bing, duckduckgo dan sejenisnya.
Apalagi jika blog sudah terkenal, bisa dijadikan juga sebagai alat promosi usaha offline.

Selain hemat juga efisien dalam menjangkau konsumen.

9. Tempat membangun reputasi baik atau personal branding

Blog juga bisa dijadikan tempat membangun reputasi baik dan sebagai personal branding. Apalagi blog dengan konten bermutu yang dibutuhkan orang lain maka semakin banyak orang terbantu dengan tulisan artikel kita, maka bertambah juga kepercayaan pembaca blog kepada kita sebagai penulis.

Ini juga bisa menjadi sarana membangun branding bagus bagi pribadi sebagai penulis atau artikel kreator yang menyajikan tidak hanya tulisan berkualitas tapi mampu memecahkan masalah banyak orang.

10. Memberi sumbangsih positif lewat tulisan

Dunia sekarang ini sudah cukup penuh sesak dengan berbagai ide, tapi untuk menjalankan sebauh ide tidak hanya butuh pemahaman tapi juga butuh kampanye dan sosialisasi.

Nah blog sangat tepat menjadi tempat atau sarana untuk memperbaiki keadaan baik melalui gagasan positif maupun paham yang membangun.
Jika sendiri tidak mampu maka siapa tahu setelah mengajak orang lain bersama kita menjadi mampu.

Blog bisa dijadikan sarana membangun dunia menjadi lebih baik, memang dibutuhkan tidak hanya tulisan tapi setidaknya sebagai penulis mampu menggerakkan orang lain lewat pena jika zaman dahulu atau keyboard zaman now.

11. Tempat Menulis Argumen dan Sanggahan

Blogging adalah tempat sharing nilai dan kebaikan selain itu bisa sebagai alat menampung segala keresahan hati juga pikiran.

Blog siap menampung segala keresahan jiwa sebagai argumentasi dari fenomena sosial yang terjadi.

Sekaligus bisa menjadi tempat meluruskan suatu masalah, sanggahan atau bantahan terhadap suatu ide atau pemahaman.

12. Catatan untuk meyimpan materi kuliah atau pelajaran sekolah

Khususnya buat pelajar, blog bisa banget jadi sebagai buku catatan digital yang bisa dibuka kapan saja buat belajar mengulang apa yang disampaikan dosen atau guru.

Bisa menjadikan sebagai buku tulis yang menampung materi sekolah atau kuliah.

Apalagi blog yang memiliki tampilan keren dengan template premium yang responsif menjadikan blog sebagai catatan yang mudah dibawa kemana saja, dan bisa dibuka kapan saja plus yang penting gak bikin sakit mata karena template acak-acak.

KESIMPULAN

Mempunyai blog sendiri memang menyenangkan apalagi banyak manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Disamping, itu blog juga bisa diamnfaatkan untuk dijadikan tempat komentar positif,jangan malah komen di youtube atau ngetwit sembarangan di twitter orang lain, disamping dicap spamming dengan komen tidak bermutu.

Mending dijadikan tulisan diblog sendiri apalagi rame yang baca, dijamin pasti lebih seru....