Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman blogger pemula untuk blogger pemula

pengalalaman-blogger-pemula






Pengalaman blogger pemula-Perkembangan internet yang ditandainya dengan peningkatan jaringan dari 4G menuju 5G memungkinkan orang berkreasi dan menjadikan internet sebagai platform berbagi kreativitas juga pengetahuan.

Diantara kreativitas yang bisa dibagikan salah satunya dalam format tulisan yang dituangkan kedalam artikel. Banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk menulis blog, diantaranya adalah wordpress untuk yang lebih pro dan blogger untuk pemula karena blogger memang lebih simple untuk pemula sehingga memudahkan pemula dalam membangun sebuah blog.

Blog pada dasarnya adalah media untuk berbagi ide atau buah pikiran yang dituangkan dalam bentuk tulisan dengan harapan membantu orang lain yang mencari informasi di internet.

Dengan ngeblog sebenarnya kita turut serta mengedukasi dan menyebarkan informasi yang mencerdaskan pembaca, juga sebagai sarana menyampaikan informasi positif walaupun mungkin kita sendiri masih belum mampu melakukannya tapi siapa tahu orang lain setelah membaca tulisan di blog kita melakukannya. Banyak kebaikan dengan membuat sebuah blog. Ibarat kata orang bule bilang "blog is medium to share good vibes".

Karena ketidaktahuan akhirnya membuat para pemula takut untuk memulai ngeblog atau setelah menulis 1 atau 2 artikel lalu berhenti.

Namun  banyak para pemula yang kebingungan bagaimana sih memulai ngeblog dari nol banget, inilah beberapa saran untuk para calon blogger  agar memahami dunia blog dan harus mulai dari mana.

Blog itu apa sih?

pengalaman-blogger-pemula

Blog adalah sebuah media yang ada di internet yang menampung banyak konten bisa berbentuk artikel, video , gambar atau ilustrasi.

Menurut wikipediaBlog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog pun terdiri dari banyak kategori diantaranya blog review, blog tutorial, blog informasi atau blog berita, blog pribadi, dan blog makanan.

Untuk memulai ngeblog pilihlah bidang yang sudah kita kuasai

Disclaimer dulu biar ga salah paham, ini opini berdasarkan pengalaman saya, dan ditujukan untuk para blogger pemula mohon dimaklumi jika kurang tepat karena ini murni pengalaman dari blogger pemula untuk membantu blogger pemula lainnya.

oke, inilah beberapa pengalaman blogger pemula memulai ngeblog,lebih tepatnya saran dari seorang blogger pemula untuk blogger pemula juga, apa aja sarannya,langsung aja dicek...

PENGALAMAN BLOGGER PEMULA SEBAGAI SARAN UNTUK BLOGGER LAIN :

1.Tentukan platform Atau media yang akan digunakan

Dari sekian banyak CMS atau platform blogging yang bisa dikelola menjadi blog pribadi, maka blogspot dan wordpress menjadi platform paling populer dari lainnya,

Sebelum memulai observasi dulu mau ngeblog dimana, apakah dengan tools yang lebih lengkap atau tools yang simple.

Wordpress memang lebih lengkap dengan banyaknya plugin yang memudahkan pengguna, tapi buat calon blogger ini tentu membingungkan. Karena harus mencari tahu fungsi dan settingan di wordpress dan ini tentu memakan waktu dan pikiran.

Blogspot sebenarnya sangat tepat bagi calon blogger dan blogger pemula, karena tampilan yang simple dan settingannya yang gak ribet dan relatif lebih mudah dipelajari.

karena blogspot adalah platform milik google jadi banyak tools yang terintegrasi, baik itu google search console untuk submit blog dan mengindeks artikel juga google analitycs untuk melihat statistik blog.

2.Tentukan niche atau topik blog

Topik blog sangat menentukan, bagaimana blog nantinya tema apakah yang akan kita bahas diblog kita yang akan mempengaruhi artikel yang akan kita tulis. Sebaiknya blogger pemula menentukan dulu niche blognya.

Karena niche blog akan mempengaruhi penilaian dari search engine nantinya.

Sebelum mendaftarkan blog ke google adsense jikalau suatu saat ingin di monetize, sebaiknya menulis artikel dengan 1 niche agar semakin besar peluang disetujui. 

Memang menulis dengan 1 niche termasuk berat untuk ukuran pemula, tapi tahan dulu keinginan untuk menulis apa saja atau membuat blog gado-gado minimal sampai diterima oleh google adsense.

3. Gunakan domain TLD

Domain TLD (top level domain) menjadi kebutuhan untuk blogger pemula. Domain TLD bisa berbentuk .com atau .net, karena dengan menggunakan domain TLD selain membuat blog lebih meyakinkan dan juga memberi kesan bahwa blog ini profesional, dan juga akan mudah diingat oleh pembaca.

TLD dibagi 2 :

gTLD (Global Top Level Domain) 

TLD  universal yang bersifat global contohnya .com, .net net , .info , .co , .org , .edu

ccTLD (Country Code Top Level Domain)

TLD yang lebih terbatas yang diperuntukkan untuk negara tertentu contohnya.id (indonesia), .uk (united kingdom), .us (united states)

4. Siapkan Template Atau Tema Blog

Untuk pemula banget yang ingin ngeblog lebih baik  menggunakan template premium, karena template premium lebih memudahkan pemula dalam setting tata letak templatenya.

Template premium juga lebih SEO friendly jadi pemula ga perlu bingung untuk SEO, cukup setting template lalu tulis artikelnya.Template premium umumnya memilki loadspeed yang bagus yang memudah user dalam mengelola blog tanpa perlu khawatir loading blognya bakal lambat.

Template premium umumnya sudah dicustomize agar pemula bisa langsung nulis tanpa perlu otak-atik tampilan apalagi yang tidak mengerti sama sekali tentang kode html.

Poin ini sebenarnya opsional sih,tapi paling tidak opsi ini jauh lebih baik dari menggunakan template bawaan yang masih sangat menyulitkan pengguna karena butuh banyak waktu untuk setting template.

4. Mulailah menulis.

Setelah template oke dan navigasi sudah bagus, maka mulailah menulis artikel pertama, Mulai saja, jika masih belum mengerti SEO tak apa-apa tapi minimal anda tahun keyword yang akan anda tulis memiliki volume pencarian.

Sebaiknya tulislah artikel yang panjang dengan informasi lengkap didalamnya agar google sebagai mesin pencari suka kepada artikel anda sekaligus memberi informasi yang cukup kepada pembaca.

5. Tulislah Artikel original

Untuk pemula tidak disarankan copy paste artikel orang lain, kalaupun mencari referensi tak apa-apa main ke blog lain, tapi tulislah dengan gaya bahasa anda sendiri, jangan comot artikel nya. tapi pahami maksud dan makna yang tersimpan dalam artikel lalu utarakan dengan gaya sendiri usahakan dengan simple tapi tetap mudah dipahami

6. Belajar SEO dasar

Tahap selanjutnya yang harus dipelajari oleh pemula adalah mempelari SEO, minimal seo dasar. Karena sebuah artikel tanpa SEO akan sulit muncul di halaman google yang akhirnya artikel tak akan ada yang membaca. Bukankah hal ini menyedihkan?

Berikut ini beberapa SEO dasar yang harus dipahami:

pengalaman-blogger-pemula
Secara garis besar SEO di bagi menjadi:
  • SEO on page
    Yaitu serangkaian cara mengoptimasi halaman blog untuk memudahkan mesin pencari menemukan konten didalamnya, agar lebih bersahabat dengan mesin pencari dengan harapan mendapatkan page rank di halaman 1 google.
  • SEO off page
    Yaitu optimasi yang terfokus pada faktor yang tidak berkaitan dengan halaman website atau blog, tapi sangat menentukan popularitas suatu blog nantinya, dan memperngaruhi penilaian mesin pencari terhadap blog. Lebih spesifik menyangkut tentang Backlink untuk membangun kepercayaan blog.

Riset keyword

Untuk menulis artikel yang bagus juga seo friendly maka langkah pertama yaitu dengan riset keyword / kata kunci.

Kata kunci sangat mempengaruhi suatu artikel di mesin pencari, karena search engine akan merekomendasikan artikel yang mengandung kata kunci yang tepat kepada user, disamping banyak juga faktor lainnya.

Terus keyword itu harus ada dimana sih di artikel?

  • Judul harus mengandung keyword
  • Permalink atau url harus ada keyword
  • Meta descirption atau deskripsi artikel harus mengandung keyword
  • Optimasi gambar dengan alt text juga tambahkan keyword didalamnya
  • Gunakan subheading(sub bab) kalo dalam tulisan lain, juga letakkan keyword disana
  • Perhatikan keyword density atau persentase keyword, jangan sampai kebanyakan nanti akan dianggap spam oleh google.
  • Gunakan LSI (latent semantic index) atau persamaan keyword (sinonim dari kata kunci yang kita gunakan)

7. Index artikel ke  Google search console.

Setelah menulis dan memposting artikel selanjutnya jangan lupa untuk mengindeks ke mesin pencari google agar mudah ditemukan.Jangan lupa buat sitemap atau peta situs yang berguna untuk mempercepat pengindeksan blog.

8. Join atau masuk ke forum blogger

Selanjutnya masuklah ke forum forum yang membahas tentang blogging,bisa di group whatsaap atu juga group blogger di facebook. Anda bisa bertanya atau menyimak informasi dan pengalaman dari blogger-blogger lain yang lebih berpengalaman, mereka akan membagi pengetahuan nya seputar dunia blog atau anda juga bisa share pengalaman anda memulai ngeblog.

Disana banyak hal yang dibahas, jadi aktif di salah satu forum cukup membantu kemampuan ngeblog kita tentunya.

9.Praktekkan apa yang sudah dipelajari

Kayaknya banyak dari blogger pemula yang sudah nanya sana sini,menimba ilmu baik tentang menulis artikel yang SEO friendly sampai optimasi ini itu tapi lupa dipraktekkan, Ujung-ujungnya bakalan sia-sia kan ilmunya.

Yuk langsung praktek aja,gapapa salah atau masih banyak kurang tapi minimal sudah berusaha mencoba mempraktekkan apa yang dipelajari.

10.Tentukan target

Buat para pemula harus punya target, minimal harus ada peningkatan seiring juga banyak belajar. Apakah dari SEO nya atau dari gaya penulisannya juga.

Untuk target gak harus tinggi-tinggi amat, gak harus masuk page one google dulu deh, yang penting masih bisa masuk page ke berapa google gitu udah bagus, minimal ada peningkatan sembari terus mencoba masuk ke page one.
Semua butuh proses.

11.Lupakan dulu tentang uang

Kita harus realitis sebagai blogger pemula, lupakan sejenak orientasi kita tentang uang, karena ga perlu dikejar kalau sudah saatnya uang pasti datang. 

Kapan saatnya, ketika blog kita sudah menyajikan konten artikel yang bagus, sudah lebih menguasai apapun tentang ilmu seo dan banyak lagi, karena kalo udah orientasi tujuannya dari awal tentang uang dari adsense atau dari agen periklanan lain nanti bakalan kecewa, bukan ga boleh tapi kecil kemungkinan akan diterima oleh google adsense kalau traffic masih sedikit.

Penghasilan blogger pemula.
Hindari dulu mencari info tentang hal ini, lebih baik perbaiki dulu kualitas artikel,dan struktur blog dulu.

Nanti kalau blog sudah memiliki visitor dan traffic, baru mencari info tentang penghasilan blogger pemula.
Usaha gak akan mengkhianati hasil kalau kata orang.

12.Tetap nikmati proses dan santuy aja

Ini poin penting bagi blogger pemula, kebanyakan gak sabaran untuk membuat artikelnya masuk ke page one lah, terus menerus mengecek statistik blog lah, atau memperbaiki tampilan blog terus.

Santuy aja, tetap nikmati proses, terus update pemahaman, dan yang paling penting jangan baper.

Dibutuhkan konsistensi dan pantang menyerah bagi blogger pemula, karena di awal-awal emang fase paling berat dalam ngeblog apalagi ini adalah hal dan kebiasaan baru, harus mempelajari istilah-istilah baru.

***

Cara mengembangkan blog

cara-mengembangkan-blog

Sebagian besar blogger baru pasti bertanya bagaimana sih mengembangkan blog?

itu balik lagi ke poin-poin diatas, intinya:

  • Fokus buat konten berkulitas
  • Buat pembaca jadi nyaman, berikan informasi yang mereka butuhkan, jawablah pertanyaan dari pembaca dari keyword yang mereka cari.
  • Disiplin dalam menulis.
  • Perbanyak membaca, membaca adalah bahan bakar untuk menulis.
  • Tetap semangat dan terus belajar
Itulah beberapa pengalaman saya sebagai blogger pemula,semoga menjadi inspirasi dan motivasi sekaligus tips bagi blogger pemula seperti saya.
SELESAIKAN APA YANG SUDAH KAMU MULAI, JANGAN BIARKAN KEMALASAN DAN KETIDAKTAHUAN MENGALAHKANMU, SEMUA ORANG BISA BERHASIL KOK, MASALAHNYA APAKAH DIA MAU ATAU TIDAK
Intinya selow aja sebagai blogger baru, jangan baper terus update ilmu tentang blog, ilmu tentang SEO.

Yang penting utamakan Originalitas dan kualitas dari konten yang kita sajikan.
 
Mudah-mudahan bermanfaat buat para blogger baru,mohon dimaklumi jika masih banyak kekurangan, karena saya juga lagi belajar, hehehe