Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Kenapa kita harus belajar seumur hidup

alasan-kenapa-belajar-seumur-hidup

Alasan Kenapa kita harus belajar seumur hidup - jika mendengar kata belajar, apa yang terlintas dalam pikiran kita?

Seorang anak kecil yang memakai baju seragam lalu pergi ke sekolah,duduk manis di kelas dengerin guru ngomong, membaca, mengerjakan PR, berangkat pagi pulang siang atau sore? itu gak salah sih, tapi makna belajar lebih dari itu, karena itulah esensi dasar dari manusia, Belajar.


Belajar Seumur Hidup

Emang sih pemerintah mewajibkan program belajar 12 tahun, itu bagus.Tapi kebutuhan kita akan pengetahun gak cuma 12 tahun tapi kita butuh belajar seumur hidup, pemisah kita dari belajar hanya 1, Maut.

Selama hidup boleh dikatakan belajar adalah nilai mutlak, berhenti belajar sama dengan kematian,  setidaknya jiwa dan pikiran kita mati walaupun fisik masih sangat kuat.

Longlasting education, itulah prinsip yang harus dipegang teguh dalam belajar, belajar tanpa henti, tanpa batas usia tanpa status sosial.

Pada dasarnya manusia dilahirkan di dunia ini tidak tahu apa-apa, lantas darimana dia mendapat pengetahuan,itulah Kebaikan Sang Pencipta yg memberikan akal juga pancaindera sebagai alat mendapatkan pengetahuan.

Belajar juga merupakan cara kita bersyukur kepada Sang Pemberi Kehidupan karena sudah diberikan akal, salah satu caranya dengan mempergunakan akal pikiran untuk belajar.

Apasih Definisi Belajar?

Belajar adalah suatu proses yang bertujuan mengubah perilaku dengan latihan ataupun pengalaman.

Artinya tujuan dari belajar adalah mengubah tingkah laku menjadi lebih baik bisa menyangkut pengetahuan, ketrampilan, sikap, maupun cara pandang pribadi dalam segenap apsek menghadapi situasi.

Manusia membutuhkan ilmu karena ilmu adalah titik tolak atau starting point segala tindakan manusia, tanpa pengetahuan manusia tidak dapat melakukan sesuatu.

Semakin kita belajar maka skill, kemampuan, logika kita semakin bertambah dan terasah yang pada akhirnya membentuk suatu nilai yang menjadi integritas seseorang.

Anda harus berinisiatif untuk memperluas pengetahuan dan terus mengasah pengalaman yang dimiliki, apalagi dalam hal karir dan pekerjaan juga berpotensi untuk mendapatkan pendapatan yang lebih baik.

alasan-harus-belajar-seumur-hidup


Orang yang terus belajar adalah pemilik masa depan sedangkan orang yang berhenti belajar dia terus hidup di masalalu walaupun waktu terus berjalan, tapi jiwa dan pikirannya masih mengendap di masalalu. Paradigmanya masih ketinggalan di tahun-tahun sebelumnya dan sudah tidak lagi relevan dengan zaman yang terus berubah, untuk menghadapi perubahan zaman maka kita juga harus berubah, yaitu dengan terus belajar meningkatkan kualitas pengetahuan,dengan pengetahuan akan melahirkan skill dan pengalaman.

Bukankah skill dan pengalaman faktor penting dibidang pekerjaan dan karir apapun bidangnya.

Sebagai manusia kita dituntut mengikuti perkembangan zaman untuk bisa survive,apalagi di zaman sekarang yang persaingan hidup semakin berat,akan sangat berat jika kita tidak mempunyai pengetahuan yang mumpuni.Karena pada dasarnya hidup ini adalah masalah, dan pengetahuan adalah pemecahan masalah atau jalan keluar dari masalah.

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Harus Belajar Seumur Hidup (Long Lasting Education) :

# Agar suatu masalah dapat kita pecahkan

Kita membutuhkan ilmu, bukankah inti dari apapun bisnis yg dijalankan adalah problem solving, memberikan solusi atas masalah orang lain, dan kita mendapat imbalan dari "bantuan" itu, jadi sama-sama menguntungkan.

By the way saya juga lagi belajar, belajar menulis artikel dan belajar ngeblog apalagi mempelajari hal yang benar-benar baru,itu ibarat keluar dari zona nyaman, lalu pergi berpetualang melihat dunia, dengan belajar apalagi hal baru maka banyak hal baru yg didapat bahkan disana lah magic thing terjadi yaitu perubahan pola pikir dan pandagan hidup, lalu mulai menulis ulang perspektif kita tentang hidup.

# Proses pendewasaan mental

Kedewasaan seseorang tidak bisa diukur dari berapa umurnya, umur sesorang tidak mencerminkan kedewasaannya, walaupun semakin bertambah umur bertambah juga tingkat kedewasaannya. Tapi dengan belajar tingkat kedewasaan seseorang terus bertumbuh tanpa harus menunggu usia tertentu, karena dengan belajar bisa dengan membaca atau bertukar pikiran atau mendengar pengalaman orang lain maka bisa menjadi referensi untuk dijadikan pelajaran berharga.

# INVESTASI PALING BERHARGA

Apapun tak akan berguna tanpa didasari oleh pengetahuan yang dihasilkan dari proses belajar. Pengetahuan inilah yang kelak menjadi investasi paling berharga didlam hidup seseorang yang tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri tapi juga buat orang lain.

Investasi bisa diartikan simpanan atau deposito, maka pengetahuan adlah jamninan simpanan yang tidak akan hilang dan dicuri. Ia layaknya harta yang gak akan hilang.

Ilmu semakin di share maka akan semakin bertambah, ia akan selalu jernih layaknya sungai yang terus mengalir. Namun diperlukan usaha yang tekun dalam proses pembelajaran, karena belajar akan menjadi investasi kalau dilakukan secara tekun dan kontinyu.


Penutup:
alasan-kenapa-harus-belajar-seumur-hidup

KENAPA BELAJAR SEUMUR HIDUP ?

Akhir kata, selama kita hidup kita harus terus belajar sebagai alat pemecah masalah yg silih berganti didalam kehidupan, juga sarana meningkatkan kualitas diri baik dari segi perilaku,sikap. 

Dalam konteks pekerjaan, semakin tinggi ilmu seseorang maka pekerjaan nya juga semakin bagus yg akhirnya akan mendapatkan penghidupan yang lebih.

Belajar seumur hidup adalah sebuah keniscayaan seiring perubahan manusia, semakin bertambah umur juga semakin bertambah dewasa, dewasa sangat erat kaitannya dengan belajar, belajar adalah salah satu cara pendewasaan mental dan pikiran.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi saya dan bagi pembaca semua.



SIAPAPUN YG MENGUASAI INFORMASI MAKA DIA AKAN MENGUASAI DUNIA